Seminar Hasil Riset Master di KAU

Tepatnya pada Rabu, 18 September 2013 saya menjalani ujian atau seminar hasil riset master di Departemen Hidrologi dan Manajemen Sumber Daya Air, King Abdulaziz University (KAU). Bertempat di auditorium fakultas yang masih dalam satu gedung dengan departemen saya.

Ujian tersebut bersifat terbuka sehingga siapa saja bisa menghadiri bahkan bertanya. Prof. Dr. Jarbou selaku ketua departemen berperan sebagai moderator seminar. Dua orang pembimbing yakni Prof. Dr, Amro Elfeki (Civil Engineering), dan Prof. Dr. Nassir Alamri (Groundwater Hydrology) duduk di deretan kursi bagian depan, di sebelahnya ada dua orang penguji yakni Prof. Dr. Abdullah Al Wagdany (Surface Water) dan Prof. Mahmoud Alyamani (Hydrogeology). Dihadiri pula Profesor Dr. Ahmaed Khamis (Hydraulic Specialist), Prof. Dr. Hatem Ewea (Integrated Water Resource Management), Dr. Khaleed Balkheir (Hydrogeology), Dr. Anis Chaabani (GIS), Dr. Faysal Zaidi (GIS di Water Research Center), Dr. Milad Masoud (Water Research Center), Prof. Dr. Mohamed Elhag (Remote Sensing and Geospatial), and Prof. Dr. Ali M. Subyani (Hydrogeology) yang berasal dari fakultas sebelah yakni Earth Science. Beberapa teman saya turut hadir pula seperti Salman Abu Bilal, Satria Antoni, dan teman-teman mahasiswa S1 lainnya.

Ujian seminar berlangsung tenang dan lancar. Di awali dengan presentasi selama 15 menit, kemudian sesi diskusi yang mana ada dua orang penanya yakni Salman dan Dr. Khaleed, lalu dilanjutkan dengan sidang penentuan kelulusan oleh dewan penguji secara tertutup di ruangan itu juga. Dewan penguji memberikan apresiasi kepada saya atas usaha melakukan pemodelan banjir 2 Dimensi dengan menggunakan WMS yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini membuka peluang bagi mahasiswa lainnya untuk mengembangkan model banjir yang sangat berguna dalam mencegah dan mengatasi kejadian banjir di Arab Saudi, khususnya di Jeddah. Kegiatan itu diakhir dengan berfoto bersama.

Leave a comment