Mau Naik Mobil Keren?

Sudah setahun kuliah di KAU, kok rasa-rasanya baru saat ini saya ngeh, ternyata mobil-mobil yang masuk ke kampus keren-keren loh. Kenapa baru ngeh sekarang? Aah,,saya tahu karena di tahun awal itu jadwal kuliah padat sekali, berangkat pagi pulang sore, dari asrama ke asrama lagi, ditambah gak punya teman Saudi yang saya kenal di asrama. Hemh..tambah kuper deh.

Mobil keren?? Sebenarnya gak hanya di kampus, tapi juga di parkiran asrama. Di parkiran asrama, mobil-mobil keren berserakan seperti drum-drum bekas yang dijejerkan di pangkalan minyak. Parkirannya gak punya pagar, siapapun bisa mencurinya (#kalau mau dipotong tangannya), dengan kondisi berlumuran debu dan pasir karena pengaruh gurun pasir yang galak. Mungkin kalau dihitung bisa mencapai 500 mobil yang biasa parkir di situ.

Sekali waktu saya pernah diajak oleh teman Saudi ke sebuah mall pakai mobilnya. Dia itu mahasiswa baru untuk S1. Ketika saya dipersilakan masuk ke mobilnya, saya heran (#mulut sambil mangap dan mata mendelik). Kenapa heran?? Hemm,,mungkin karena saya gak pernah naik mobil sebagus ini kali yah. Mobilnya Nissan Maxima tahun 2011, katanya sih harga di Saudi sekitar 100.000 riyal atau sekitar 250 jutaan rupiah, padahal kalo beli di luar Saudi plus pajaknya harga umumnya bisa lebih dari  $ 30.000  hampir mendekati 300 juta rupiah. Saya coba searching di google, mobil maxima sepertinya belum banyak beredar di Indonesia yah.. :p

Maxima Nissan 2011 – Sumber : http://www.google.com

Sewaktu saya berobat di klinik kampus, kata sang dokter saya harus ke rumah sakit besar, lalu diantarlah saya oleh salah seorang staf klinik pakai mobilnya. Accord VTi-L 2.4 A/T yang harganya bisa mencapai setengah milyar. Si petugas itu masih muda, sekitar 30 tahunan. Tampangnya ramah. Dia pun memanggil saya dengan kata “Sir” (#jarang-jarang loh dipanggil Tuan). Setelah duduk di mobilnya, “Loh kok perut saya udah gak sakit lagi?” (#ndesonya kumat), berhubung mobilnya sudah jalan, ya saya cicing wae lah. Aneh, setiba di rumah sakit perut saya kumat lagi, aduuhh.. Hemm,,mungkin karena sudah good bye sama si mobil yah 😀

Accord VTi-L 2.4 A/T – Sumber : http://www.google.com

Di waktu lain, saya diantar ke gedung rektorat oleh salah seorang pegawai jurusan. Tampangnya sih masih muda sekitar 30 tahunan, dan ngakunya sih belum nikah. Hemm,, Lexus GS 300. Wow,,itu mobil mewah loh. Harganya di atas 1 milyar rupiah. Sewaktu naik mobilnya, bibir saya bergerak-gerak gak bisa berhenti (#baca alhamdulillah 1001 kali), maknyos joss, dan weleh weleh (#gaya si Komo).. Dalam hati,” Kok gak berasa naik mobil yah..”(#ndeso abiss..) :p

Lexus GS 300 – Sumber: http://www.google.com

Pengalaman di atas adalah beberapa contoh dan dari situ bisa kita bayangkan betapa mudahnya kita menjumpai mobil-mobil keren di kampus, ataupun di Jeddah. Karena jumlahnya begitu banyak. Satu rumah setidaknya punya dua mobil, satu buat untuk ayah dan satunya untuk anak-anak. Hemh,,Yang bikin saya geleng-geleng kepala adalah kalau yang punya mobil keren itu adalah mahasiswa, lebih-lebih mahasiswa baru.

Jadi kalau gitu, sebutkan satu perbedaan antara Belanda dan Arab Saudi dalam hal transportasi? Mau tau jawabannya?? Mau tau? Kenapa kenapa kenapa? (#gaya da’i Maulana). Jawabnya adalah Belanda itu dikenal sebagai negara sepeda karena  jumlah sepeda hampir sama dengan jumlah orangnya, sedangkan Arab Saudi adalah negara mobil karena jumlah mobil (sepertinya) hampir sama dengan jumlah orangnya. Kenapa bisa gitu?? Salah satu alasannya adalah karena iklimnya yang panas di Arab Saudi, selain itu karena cara pandang hidup yang berbeda antara masyarakat Belanda dengan Arab Saudi, dan masih banyak alasan lain :).

Banjir sepeda di setiap sudut kota di Belanda – Sumber : http://www.socialshutter.blogspot.com

Jadi, sehari-hari lihat mobil-mobil keren seperti itu berseliweran sudah gak heran lagi. Dan kalau mau lebih jelasnya lagi, ketika berjalan menuju gedung jurusan. Pastinya melewati parkiran mobil yang luas. Nah di saat itu, saya mulai menghapal merk mobilnya, mulai dari Camry Toyota, Suzuki, Accord Honda, Daihatsu, Hyundai, KIA, Mazda, Chevrolet, Ford, Land Rover, Maxima-Nissan, Mercedes Benz, BMW, Lexus, beserta tipe-tipenya. Yaa..barangkali nanti kalau ada yang mau kasih mobil ke saya, kan saya sudah tahu sebelumnya, jadi biar bisa milih yang lebih maknyos joss hehe (#mimpi kali ye..aamiin aja deh).